National Conference


1. Multimedia E-Learning Untuk Menunjang Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer Dan Data Di Universitas Telkom

Indrarini Dyah Irawati dan Leanna Vidya Yovita


Abstrak

Computer and Data Networks is one of subject in Faculty of Electrical Engineering, Telkom University, that is still using the learning method by face-to-face between lecturer and students. The student’s problem is difficult to understand how computers and other communication devices can communicate each other, and in fact it is lack of visual aid. This paper presents multimedia e-learning that support for studying about Communication Protocol and IPv4 modules. E-learning multimedia content created in the form of video tutorials and animation using flash. In modules are also equipped with exercises to explore student’s understanding. Analysis shows that the e-learning modules provide added value to the students to increase their knowledge and improve the number of graduation.

download (pdf): paper only, full paper

2. Peranan Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer Dengan Sistem E-Learning pada Studi Kasus di Universitas Telkom

Indrarini Dyah Irawati, Leana Vidya Yovita dan Muhammad Iqbal

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat memperngaruhi kehidupan manusia, tidak terkecuali dengan proses pengajaran yang dilakukan di kelas. Sistem e-learning menjadi hal yang dibutuhkan karena pengaruh perkembangan informasi yang cepat. Dosen tidak akan mampu menyampaikan semua materi dengan baik, hanya dengan pengajaran konvensional. Untuk itu perlu adanya media yang memfasilitasi. Dalam penelitian ini diterapkan aplikasi simulasi jaringan komputer untuk mahasiswa program studi D3 di Universitas Telkom. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini meunjukkan bahwa rata-rata nilai evaluasi mahasiswa terkait materi e-learning di atas 70. Prosentase kelulusan mahasiswa dengan nilai A dan B meningkat 21% dan hasil kuisioner menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi simulasi jaringan komputer sangat membantu dalam proses pemahaman materi. Dosen perlu menyediakan bahan ajar yang dapat diakses oleh mahasiswa sewaktu-waktu. Selain itu, adanya soal-soal latihan dan fitur evaluasi secara online membantu mahasiswa mengetahui hasil evaluasi secara transparan. Dan mahasiswa setuju pengembangan lebih lanjut konten e-learning.

download (pdf): paper only, full paper